Cara ganti KTP Hilang *Update April 2019


KTP Indonesia Jaman Doeloe

Hello! Jumpa lagi di blog bahasa Indonesia saya.

Buat yang gak tau, biasanya saya tulis dalam ahasa Inggris, namun belakangan ini saya tulis dalam bahasa Indonesia karena lagi banyak topik yang mau dituangkan dalam bahasa Indonesia. Semoga tulisan saya banyak membantu masyarakan Indonesia ya!


So, KTP kamu ilang??

Jangan panik. I got you covered!


KTP saya kebetulan hilang sebelum pemilu, like 2 weeks before election!!


Panik banget dong, apalagi sering dengar biasanya orang-orang dapet KTP baru nya 2minggu setelah laporan! Waduh, gemana ni, gak bisa nyoblos dong?!


Nah ini dia yang aku lakukan ketika KTP aku hilang :

1. Ke kantor polisi dengan membawa KTP fotokopi dan laporkan kalau KTP hilang.

*coolstory : waktu laporan selesai pak polisnya minta "biaya admin" pake bisik-bisik. Wah, aku langsung nyeloeh, biaya admin apaan ya, masa kita lapor polisi juga ada biaya admin. Trus pas aku tanya pak polisinya "emang ada ya pak, padahal menurut RUU kan tidak boleh dikenakan biaya pak?" Trus pak polisinya bilang oh yauda deh gak apa. Dan saya pun pergi deh.


2. Bawa surat polisi dan ktp fotokopi ke kantor kelurahan

*side note : jadi kalau kamu juga sama spt aku, di mana aku alamat KTP dan alamat KK berbeda, silahkan ikut alamat yang di KK dan pergi ke kelurahan yang tertera.


3. Di kantor kelurahan, ambil nomor antrian. Sesudah sampai giliran, berikan fotokopi KK dan surat laporan beserta fotokopi KTP.

*Kalau alamat KK dan alamat KTP sama, HARUS da surat pengantar dari ketua RT. Kalau tdk sama nggak apa-apa, nanti sekalian digantiin alamatnya.


4. Tidak perlu sidik jari ulang atau foto ulang. Data sudah ada di sistem. Hanya saja kalau kamu terlihat jauh beda dari foto di KTP lama, maka petugas akan sedikit menanyakan apa benar ini kamu?


5. Saya disuruh tunggu 15 menit an dan nanti akan dipangging jika KTP sudah jadi. Setelah 10menit, KTP saya sudah jadi dan tinggal tulis di daftar absensi kalau kita telah mengambil KTP.

*side note : sepertinya tidak semua orang dapat KTP baru dalam 15 menit. Untuk alasannya aku tidak tahu kenapa, pas aku ambil, ada beberapa oang lainnya yang komplen, kok KTP mereka sudah 2 minggu belum jadi juga, dan pas di-cek, ternyata masih dalam pemrosesan. Sepertinya sih, untung-untungan ya.


6. Sudah selesai, pulang deh! Ingat ya, lain kali jangan ilang lagi 😆


Seluruh proses selesai dalam mungkin 4 jam pergi sana-sini.


Oh iya, sebelum ke kantor kelurahan, aku sempat ke kantor Disdukcapil karena menurut google, aku sebaiknya ke Disdukcapil. Ternyata, pas aku smpai disana, bapak Disdukcapilnya bilang bahwa untuk masalah KTP hilang, rusak dll, tidak boleh ke Disdukcapil karena mereka tidak mau rakyat berbondong-bondong kesana padahal sudah ada kantor kelurahan terdekat yang bisa melayani. Jadi, kalau lihat di artikel lain yang menyarankan kalian ke disdukcapil, mending ke kelurahan aja!


Nah, itu dia pengalamanku membuat KTP baru ! Semoga bermanfaat ya.

Sampai Jumpa di blog berikutnya!

3 views

Leni Tjahjadi

UX Design, Copywriting, UX Writing, Marketing Visual, and Branding

Thank you for visiting my website!

Want a website like this for FREE ?

Get it here!

  • ic_telegram
  • LinkedIn
  • YouTube