Selamatkan Jakarta, Selamatkan Indonesia





Kalau kalian belum dengar,

ada kerusuhan di Jakarta hari ini.


Kenapa? Banyak spekulasinya. Tapi aku percaya spekulasi itu cuma cara orang untuk bilang "kia gak bersalah" atau "ini bukan seperti yang kamu lihat"


Sayangnya, ini memang seperti yang kita lihat.


Kerusuhannya bermula dari ketidakpuasan tim lawan tentang keputusan KPU yang menyatakan siapa yang menang pemilu. Pastinya tim lawan kalah.


Aku tulis beberapa waktu yang lalu sebelum pemilu mulai kalau tim lawan pergi ke pengadilan bahwa adanya kecurangan di pemilu ini dan aku snagat berharap itu tidak terjadi. Sayangnya, itu yang akan terjadi dan ada bonus yang lebih parah.


Aku ingat adanya kerusuhan yang lebih kecil 5 tahun yang lalu. Kenapa aku bilang lebih kecil karena massa hanya bersorak di luar gedung pengadilan. Ada sedikit bentrok dengan polisi, yang memang cukup sering terjadi kalau ada protes, tapi gak separah sekarang.


Catatan sampingan aja nih. Saya jarang ngomongin hal berbau politik. Tapi ini bukan tentang politik, melainkan tentang keamanan negara.


Apa sih yang terjadi?

Kerusuhan di Jakarta di mana massa menuntut "keadilan". Bahwasanya pemilu curang dan KPU harus menyiasati ini. Itu aja sih, maunya mereka.


Apa dampaknya?

6 orang meninggal dan 200 terluka parah. Fasilitas publik terbakar, jalanan, kendaraan dll terbakar.


Aku tahu bahwa opini aku gak akan begitu kedengeran. Aku cuma berharap negaraku tidak ada lagi kejadian kayak gini. Aku tahu mereka punya alasan mereka sendiri tapi aku cuma berharap mereka mau berpikir tentang masyarakat dan tidak menggila kayak gini hanya gara-gara pendapat.


Saya cuma mau ngomong ini sih sama mereka :


Kalian membangun fasilitas publik dengan uang pajak kalian sendiri, lalu kenapa kalian hancurkan?


Kalian percaya bahwa pilihan kalian bisa membuat Indonesia lebih baik. Lalu kenapa sekarang kalian rusakkan Indonesia? Memangnya kalian kira orang tidak bisa lihat perbuatan kalian? Kalian pikir negara lain tidak bisa lihat perbuatan kalian?


Aku tahu kalian memang punya alasan, tapi cara kalian menyampaikan alasan kalian itu salah besar. Seberapa marahnya kalian, tidak pernah ada alasan utnuk menggila dan merusakkan fasilitas umum atau malah membunuh orang.


Kalau kalian memang percaya bahwa pemilu ini curang, carilah fakta nya. Aku terima aja kok kalau memang pemilu itu curang. Malah aku akan salut karena kalian telah mencoba menyelamatkan negara dari sifat curang.

Kalahkan dengan fakta. Tidak ada tingkat kekerasan yang bisa mengubah pikiran seseoang.


Sebenarnya saya sih keberatan dengan pihak lawan yang mau menggugat di pengadilan, tapi seenggaknya jauh lebih baik dari bikin rusuh. Setidaknya dia akan melawan dengan bukti (nah, kita lihat nanti buktinya dia)


TAPI, kalau memang terbukti tim lawan itu dalang di balik kerusuhan ini, aku udah tidak bisa berkata apa-apa lagi, deh.


Selamatkan Jakarta dari korban-korban jiwa.

Tapi yang lebih penting lagi, selamatkan Indonesia yang mentalitasnya masih muram.

Berdoalah untuk kedamaian.


1 view

Leni Tjahjadi

UX Design, Copywriting, UX Writing, Marketing Visual, and Branding

Thank you for visiting my website!

Want a website like this for FREE ?

Get it here!

  • ic_telegram
  • LinkedIn
  • YouTube