Tes Psikotes Interview Orang Tua Group



Hi semuanya!


Kali ini aku akan tulis blog dalam bahasa indonesia lagi.

Dan kali ini aku akan bahas tes psikotes yang akan diadakan di Orang Tua Group ketika kamu melamar kerja disana.


Kayaknya banyak banget nih yang pengen tau banget tentang interview disana! Makanya aku bahas nih kali ini. Apa aja sih test nya dan sperti apa detilnya? Yuk disimak!



1. Isi formulir


Yang ini gak tahu ya termasuk psikotes apa tidak. Tapi disini kamu akan ditanyakan tentang keluarga, silsilah keluarga, alamat rumah, riwayat pendidikan, dsb. Yang membuat aku heran, kenapa ditanyakan lagi informasi yang sudah kita berikan sebelum sesi interview dimulai seperti misalnya riwayat pendidikan. Karena sebelum interview dimulai kita akan dimintai sertifikat pendidikan.



2. Aritmatika





Seingatku, tes aritmatika ini adalah yang ke berapa gitu. Jadi di test ini akan disediakan pertanyaan aritmatika sederhana dan mudah tapi jumlahnya infinite (tak terbatas), dan ada batas waktunya. Kalau kamu salah jawab sebenarnya tidak berkurang poinnya, tapi mungkin akan mempengaruhi keputusan hiring manager . Goal test ini adalah berapa prtanyaan kamu bisa selesaikan secepat mungkin dalam jangka waktu tersebut. Mungkin di test ini juga untuk mengukur durability kamu dalam memecahkan masalah? (kurang tahu juga sih hehe)



3. Tes IQ





Ini nih seperti tes IQ pada umumnya. Contoh pertanyaannya itu kayak : ada 5 kotak, coba tebak kotak ke lima seperti apa coraknya. Sebenarnya tes ini bisa kamu dapat di Google dan bisa latihan dulu. Oh iya, test ini juga ada masa waktu nya. Jadi kamu harus berpikir cepat ya.


4. Pengetahuan tentang Orang Tua.


Kalau tidak salah ya, ini test pertama. Jadi nanti akan diputar video, kamu harus perhatikan sebisa mungkin dan ingat/catat informasi yang kamu terima. Lalu setelah video selesai, kamu boleh menjawab pertanyaan mengenai Orang Tua Group. Contoh pertanyaannya seperti : coba sebutkan beberapa merk yang kamu kenal diproduksi oleh Orang Tua Group? (mungkin contoh jawabannya seperti Tango, Formula pasta gigi, dsb.) . Mungkin kalian bisa google dan ingat ingat dulu sejarah Orang Tua dan produknya kalau mau lulus tes ini! :D


5. Tes personaliti





Tes yang satu ini lebih untuk mengenal pribadi mu. Jadi test nya itu mirip seperti Myers Brigg Personality test. Dimana mereka akan menulis 1 pernyataan dan kamu pilih dari skala 1 sampai 5 apakah itu sesuai dengan pribadi mu. Contohnya : “saya adalah orang yang rapih” , nah kalau 1 berarti sangat tidak seperti pribadimu, dan kalau 5 berarti sangat sesuai dengan kepribadianmu.



Seperti yang kalian baca di post sebelumnya, jadi setelah tes psikotes ini kalian akan dapat waktu istirahat sebentar (sekitar 1 jam) dimana kalian bisa makan siang di MOR store yang terletak di sebelah gedungnya.


Setelah waktu istirahat, akan dipanggil untuk interview satu per satu.




Sekadar update,


Jadi setelah interview itu, sekitar 1 bulan setelah itu aku baru dapat kabar melalui e-mail bahwa aplikasi aku ditolak karena mereka perlu yang lebih berpengalaman.


Jadi, review aku tentang hiring process di OT ini adalah :


1. Mereka cukup professional. Jadi ditolak pun mereka akan mengabari. Setidaknya tidak ditinggal pergi tanpa jawaban gitu deh hehe


2. Menurut aku tes psikotes ini kurang lebih bukan untuk mencari siapa yang paling pintar atau hebat, melainkan untuk mencari siapa yang paling cocok sifat dan pemikirannya untuk jadi karyawan OT. ( Misalnya mereka ingin karyawan yang nurut saja, ya kandidat yang cocok adalah orang yang nurut saja ). Jadi saran saya sih jangan terlalu maksa untuk jadi karyawan OT karena perusahaan besar. Kadang perusahaan kecil kalau lebih cocok dengan personaliti mu , itu akan lebih baik.





3. Prosesnya sangaaat lama, dan menurut saya ini bagian yang tidak adilnya. Yaitu untuk proses yang memakan hampir 1 hari penuh setidaknya kandidat diberi makan siang gratis. Mungkin karena mereka perusahaan besar kali ya, jadi ego sedikit hehe.



Aku sekarang kerja di perusahaan yang aku lebih suka, dan jujur saja setelah saya pulang dari interview OT itu, saya baru tahu bahwa banyak yang kurang suka bekerja di OT karena OT lumayan terkenal sebagai perusahaan yang banyak karyawan harus kerja lembur setiap saat dan manajemen terlalu keras. Mungkin itulah kenapa slogan mereka adalah “GO BEYOND” haha.


Oke deh, sekian review dari aku.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan sukses selalu buat yang akan interview di OT ya!



715 views

Leni Tjahjadi

UX Design, Copywriting, UX Writing, Marketing Visual, and Branding

Thank you for visiting my website!

Want a website like this for FREE ?

Get it here!

  • ic_telegram
  • LinkedIn
  • YouTube